SAC.

Foto saya
Yogyakarta, DIY, Indonesia
SAC - Saturday Acting Club is an art of acting lovers organization (the actors). Formed in early 2002 named Saturday Acting Class led by Rukman Rosadi along with several theatre students at Indonesian Institute Of The Art Yogyakarta. Great desire of the members to continue to assess, dig, and cultivate the art of acting and open a wider space for art lovers acting, make us an independent official under the name SAC - Saturday Acting Club of Yogyakarta in 2006. This group is a group of people who wrestle in the areas of science theater, concentrating on the creation, exploring all the style of acting, and an unlimited-ism. SAC now with 50 personnel (consisting of members of the heterogeneous background, student, students, generally in Yogyakarta) remains open to anyone who has the same concern. Based on the awareness : "Theatre with a variety of aspects in it, is the door to the intelligence", SAC still continues to try to establish cooperation with various groups / arts community at home and abroad both in the organization of performances, workshops, discussions, as well as acting education. "

Senin, 24 Januari 2011

TEKNIK DASAR BERMAIN DRAMA ( Bag.II ) Oleh : Rukman Rosadi


Dibawah ini adalah rincian umum bagaimana pernik-pernik proses penciptaan tokoh dan proses penguasaan tehnik keaktoran.

1.        MENGENALI POTENSI KEAKTORAN.  
-          animo / ketertarikan ; visual, audio, pikir, rasa.
-          Histeria ; semangat (kegilaan) untuk mengetahui dan menguasai
-          Potensi tubuh:
-          Potensi suara :
-          Potensi pikiran;  wawasan , kecerdasan pikir ; IQ
-          Potensi emosi /fleksibilitas emosi/ kepekaan /kecerdasan emosional  ; EQ    
-     Kecerdasan sosial                                                                                             
2.        AKTING DAN SENI AKTING
-    aksi yang disengaja tanpa mempertimbangkan kualitas aksi yang        dibuat            
-          Aksi yang disengaja dengan pertimbangan aspek-aspek yang memunculkan kualitas
3.        POSISI AKTOR DALAM TEATER DAN SINEMA
-          Pengertian aktor dan sejarah keaktoran
-          Posisi aktor dalam teater dan sinema
-          media komunikasi
-          berhadapan langsung dengan penonton
-          berhadapan dengan kamera
-          hubungan aktor dan aspek-aspek lain dalam teater
-          menerjemahkan teks kedalam aplikasi audio dan visual
-          perbedaan dan kesamaan pada teater dan film
-          penentu keberhasilan komunikasi
4.        MENGENALI DAN MENYIAPKAN TUBUH UNTUK AKTING
-          kelenturan
-          kekuatan
-          kelemahan
-          stamina
-          kecepatan
-          pengalaman tubuh
-          kekayaan motif gerak
@ aktor harus mengetahui seberapa siap dirinya/tubuhnya untuk berperan
5.        TEKNIK ISOLASI DIRI
-          mengenali diri sendiri
-          mengenali tubuh dan reaksi atas emosi
-          mengenali suara dan reaksi atas emosi
-          mengenali gaya gerak tubuh
-          mengenali ciri yang kuat dan kurang kuat
-          menyimpan kecenderungan personal
-          mengenali tempo diri
(bersambung lagi..:))

2 komentar:

  1. bisa dijelaskan gak ya tiap pointnya..? trims very useful!

    BalasHapus
  2. ada cabangnya ga di jakarta?soalnya saya ingin sekali bergabung.

    BalasHapus